Pajak Hotel di Bali

Layanan Jasa SEO

Realisasi target pencapaian perolehan Pajak Hotel dan Restauran (PHR) Kabupaten Badung, Bali, sebesar Rp2,013 triliun untuk Tahun 2017 sudah tercapai sebesar Rp2,014 triliun atau lebih Rp720,8 juta. Pemprov Bali akan mengkaji kembali skema penyaluran bantuan pajak hotel dan restoran atau PHR dari Kabupaten Badung dan Kota Denpasar yang diperuntukkan bagi mu.

Badung merupakan kabupaten dengan Pendapatan Asli Daerah terbesar di Bali yang dimana jumlah Pajak Hotel dan Restoran yang terkumpul dapat mencapai 60% sampai 80% dari PAD yang diteriama.  hingga akhir 2015 baru terdaftar 100 hotel dan restoran di Kabupaten Gianyar yang telah menggunakan sistem PHR online” dan ditargetkan tahun depan akan mencapai 400 hoteldan restoran.

PAD Terbesar Badung Berasal dari Pajak Hotel dan Restoran. Desa-desa lain bahkan menuntut uang dari hotelhotel di dekatnya karena tamu-tamu hotel menikmati pemandangan desa otentik. Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar Freddy Runtu mengatakan, total ada 10 hotel yang saat ini sedang dibidik dalam kasus penggelapan pajak hotel restoran (PHR). “Nilainya mencapai puluhan miliar,”?

Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mendorong Badan Pendapatan Daerah/Pesedahan Agung mengoptimalkan pajak hotel dan restoran di daerah itu agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Dalam upaya mengoptimalkan pendapatan ?

Skema pembagian penerimaan pajak hotel dan restoran di Bali akhirnya selesai. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung dan Pemerintah kota (Pemkot) Denpasar sepakat membagi sebagian pajak hotel dan restoran kepada daerah lainnya.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menengarai banyak pajak hotel dan restoran (PHR) di Bali yang tidak disetorkan ke kas daerah melalui kabupaten/kota. Soalnya, pemungutan pajak ini dipotong dari pembayaran para wisatawan di tempat menginap atau makan.

Penerimaan pajak dari sektor pariwisata saat ini masih berada di nomor 3, dan melihatBali sebagai tujuan pariwisata dunia, maka dapat dikatakan terdapat potensi pajak yang masih perlu ditingkatkan lagi atau bisa dikatakan masih tingginya tunggakan pajak (PHR) oleh sejumlah hotelkhususnya di badung?

Berdasar data statistik penerimaan tahun 2016, dari lima KLU (Klasifikasi Lapangan Usaha) penentu penerimaan pajak Kanwil DJP Bali, sektor pariwisata (KLU penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum) menempati urutan ke-3 setelah sektor perdagangan dan jasa .

Kasus dugaan korupsi di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, menyeret Hotel yang berlokasi di Tuban, Kuta. Usut punya usut hotel yang terletak diJalan Raya Tuban No 2 Kuta, Badung ini juga tidak menyetorkan pajak Rp 5,9 miliar.

 

Leave a Reply