cara merawat mobil matic

11 Cara Perawatan Mobil Matic Yang Wajib Dilakukan – Showroom …

showroommobil.co.id › Perawatan

Dalam perawatan mobil matic memelihara keadaan oli transmisi otomatis nya, … banyak memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat mobil matic …

cara merawat mobil matic

11 Cara Perawatan Mobil Matic Yang Wajib Dilakukan

Mobil Matic adalah salah satu jenis dari kendaraan yang akan memberikan rasa nyaman kepada pemiliknya. Karena ketika saat mengendarai mobil bagi pemula sebenarnya sangat sulit. Pada mobil manual yang sudah lengkap dengan transmisi otomatis, sehingga dapat memudahkan anda pecinta mobil. Di Indonesia memiliki tingkat penjualan yang sangat meningkat secara signifikan dalam penjualan mobil matic.

ads

Untuk saat ini banyak yang menggunakan dan banyak yang memilih mobil matic karena mobil matic adalah salah satu mobil yang sangat sederhana dan pengoperasian yang tidak sulit di bandingkan mobil yang manual.

Mobil matic memang telah memberikan bukti bahwa kontribusi itu berarti meningkatkan performa dalam mengemudi. Sangat sederhana jika di banding kan dengan kendaraan atau mobil yang bertransmisi manual. Jika di lihat dari sisi lain bahwa dengan meningkatnya jumlah pengendara sepeda motir yang tidak seimbang dengan pertumbuhan ruas jalanan, sehingga memberikan dampak pengguna jalan yang sangat padat, maka di sini lah keunggulan mobil matic.

Harus diketahui juga bahwa anda bisa mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengendarai kendaraan, maka anda juga harus mengetahui perawatan apa saja yang harus anda lakukan untuk mempertahankan keamanan dan kenyamanan.

1. Service Mobil

Service mobil adalah salah satu hal yang sangat penting. Karena kenyamanan dan keamanan bisa kita dapatkan dengan melakukannya service mobil tersebut. Bagi mobil Matic service adalah hal yang sangat diutamakan karena juga untuk mengikuti produsen yang memberikan peraturan untuk service berkala. Mibil matic sangat membutuhkan up – det tentang kendaraan yang memang sangat di wajibkan oleh produsen untuk setiap pengendara.

2. Mengganti Oli Mesin

Untuk mobil matic, selain service mobil maka penggantian oli mesin juga harus diperhatikan. Oli mesin juga sangat penting bagi mobil anda karena adanya keamanan dan kenyamanan tidak hanya melalui service berkala saja tetapi juga dengan pergantian oli mesin maka anda bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan.


3. Mengganti Oli transmisi

Dalam perawatan mobil matic memelihara keadaan oli transmisi otomatis nya, maka anda pemilik kendaraan matic wajib mengganti oli transmisi secara berkala dan teratur, karena sudah di ketahui bahwa mobil matic minimal 25.000 km dan berada di angka maksimal 50.000 km maka sudah diwajibkan mengganti oli transmisi. Anda bisa memakai pelumas transmisi yang sudah dianjurkan oleh produsen mobil. Jenis pelumas yang sering anda pakai, berat atau ringan nya saat anda melakukan kendaraan maka ini adalah salah satu waktu penggantian oli pelumas yang bisanya di pakai.

4. Pengecekan Valve dan Oli Transmisi

Mobil matic sering mengalami kerusakan pada gasket transmisi seperti kebocoran gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh karena itu anda sebagai pemilik kendaraan harus mengecek secara dini. Kendaraan yang memiliki tipe manual maka sangat berbeda dengan kendaraan matic. Untuk mobil matic bisa mengalami velve rusak dan velve bocor, maka ini bisa terjadi saat pemindahan tuas yang keras dan sentakan gas.

5. Pergantian Oli Transmisi Ketika Matic Terkena Banjir

Apabila anda berada di saat kondisi yang memang sulit untuk di hindari seperti banjir dan hujan deras maka anda harus mengganti oli transmisi untuk menghindari hal – hal yang tidak anda inginkan, karena hujan deras atau banjir yang besar maka airnya bisa masuk ke dalam gearbox. Mobil matic anda bisa mengalami hal yang buruk jika anda abaikan seperti kemacetan gear atau transmisi.

6. Kinerja Transmisi

Pengecekan cara kinerja transmisi bisa di cek sendiri oleh anda sebagai pemilik kendaraan mobil matic. Maka anda bisa tempatkan pada tuas transmisi di posisi D atau R, selanjutnya anda bisa melepas rem mobil. Jika mobil tidak memiliki masalah system transmisi maka mobil matic anda akan langsung bergerak.

7. Melakukan Pengujian Jalan

Anda sebagai pemilik kendaraan, terutama kendaraan yang matic maka anda harus rajin – rajin untuk pengujian jalan, caranya cukup mudah seperti anda ingin menjalankan mobil matic anda, lalu untuk perawatan mobil matic selanjutnya maka cobalah untuk memindahkan  persneling mobil anda. Anda sebagai pengemudi harus bisa merasakan bahwa persneling pindah  dengan seksama.

Apabila anda mendengarkan suara yang aneh saat anda melakukan perpindahan persneling seperti suara yang berisik dan mobil sedikit tergoncang maka anda harus ketahui bahwa transmisi mobil anda mengalami masalah. Apabila anda mengalami masalah pada mobil matic anda seperti itu maka anda segera membawa mobil matic anda ke bengkel yang sudah anda percayai. Karena jika terjadi masalah pada transmisi mobil itu merupakan masalah yang fatal, karena transmisi adalah bagian vital mobil matic anda.

8. Memanaskan Mobil

Harus anda perhatikan juga apabila anda ingin bepergian menggunakan mobil maka anda harus memperhatikan mobil matic anda jadi lakukanlah pemanasan pada mobil anda sebelum berjalan jauh. Karena memanaskan mobil sebelum bepergian atau sebelum menggunakan adalah salah satu hal yang sepele, namun banyak orang yang memiliki mobil matic tetapi malah mengabaikan hal sepele.

Padahal harus anda ketahui jika anda terlalu sering lalai dalam memanaskan mobil maka akan berakibat fatal, tetapi jika sekali atau dua kali tidak akan berakibat fatal, anda akan merasakan gangguan pada mesin mobil matic anda. Maka dari itu jangan lupa memanaskan mobil matic anda dan perlu di ingat dalam memanaskan mobil matic maka keadaan tuas transmisi berada pada posisi N (Netral).
9. Meneliti Persneling

Perawatan mobil matic yang selanjutnya adalah anda sebagai pemilik mobil harus meneliti dalam penggunaan persneling, anda sebagai pengguna mobil maka hindari pada penggunaan persneling “P” jika mobil matic anda dalam keadaan berhenti. Apabila anda gunakan secara terus menerus maka mobil matic anda bisa mengalami kerusakan pada bagian persnelin nya. Jika anda ingin memakirkan mobil matic anda maka anda jangan menggunakan persneling D, karena jika anda menggunakan persneling D mobil matic anda akan mengalami kerusakan. Untuk lebih aman nya bagi mobil matic anda adalah hanya dengan memindahkan tuas transmisi mobil matic ke posisi “P” jika anda ingin parkir mobil.

10. Mengenali Kerusakan Mobil

Sering tidak kompak nya per putaran mesin mobil matic anda dengan laju mobil matic maka harus nada perhatikan bahwa rusaknya transmisi matic yang sering terjadi adalah kopling slip, suara mesin yang kasar saat dipakai berjalan dengan laju yang sangat tinggi tetapi laju mobil tidak seimbang, hentakan gigi persneling saat ingin di pindahkan.

Maka saat anda pertama kali membeli mobil yang bermesin matoic maka sebaiknya anda memperhatikan dan membaca buku panduan mobil matic tersebut, buku panduan memiliki manfaat yang banyak untuk anda karena di dalam buku panduan banyak memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat mobil matic dengan benar dan baik, selain itu buku panduan juga memberi informasi kepada anda tentang garansi mobil matic.

Leave a Reply