Tips Pemasaran Toko Online

Layanan Jasa SEO

Tips pemasaran tokoonline harus benar benar dijalankan agar konsumen tidak tergoyahkan kepercayaannya terhadap produk yang anda tawarkan sehingga kepercayaan tersebut paten tertanam di brain mereka. Jika anda banyak mengulik ilmu marketing online di internet, anda akan mendapatkan banyak trik dan tips dalam melakukan pemasaran online. Berbagai hal tersebut sepertinya mudah dilakukan walaupun terkadang tidak semuanya berjalan sukes jika anda melakukannya secara outodidak. Dengan modal paket komputer, ditambah gadget, smartphone dan koneksi internet, anda bisa langsung melakukan promosi dan berbisnis online. Tapi dibalik kemudahan tersebut akan timbul masalah, kendala hingga timbul persaingan yang sangat ketat.
Pada saat kita melakukan bisnis online, kita harus pintar dalam memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada didalamnya. Fasilitas tersebut khususnya yang memiliki daya tarik untuk memikat konsumen hingga akhirnya berubah menjadi pelanggan setia. Perlu anda tahu bahwa pada saat anda melakukan pemasaran online, tidak lagi menggunakan bahasa verbal berupa gesture tubuh, tidak lagi menggunakan mimik wajah dan menggunakan cara marketing konvensional lainnya untuk memikat keyakinan konsumen. Yang dilakukan pada saat melakukan pemasaran online adalah membuat deretan kata kata pemikat, gambar yang menarik, suara, rekaman video dan lain lain untuk meyakinkan calon pelanggan yang ditargetkan.
Salah satu yang menjadi daya tarik konsumen online secara sederhana saja adalah memperhatikan pemilihan kata atau diksi berupa bahasa marketing yang menarik dan memiliki kekuatan untuk dijadikan senjata. Jika anda dapat memilih kata yang tepat untuk promosi bisnis anda, hal tersebut sangatlah efektif untuk menarik calon konsumen dan menggiringnya melakukan transaksi. Adapun beberapa pemilihan kata yang dapat menarik pelanggan diantaranya adalah kata sebagai berikut :
  • Kata : Anda Atau Kamu
Ini sangat sederhana namun memberikan efek yang sangat luar biasa bahkan sangat efektif untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen. Jika kata “anda” yang dipilih, kesan sopan, kesan profesional dan kesan yang interaktif akan dapat dirasakan. Tapi kata “kamu” pun tetap bisa menjadi pilihan panggilan yang tepat suatu waktu karena dapat memberikan kesan yang akrab dan santai.
  • Kata : Gratis
Kata yang satu ini kata yang paling familiar walaupun terkadang berhubungan dengan barang yang murahan atau barang yang ditawarkan dengan diskon besar bahkan diberikan dengan cuma cuma. Kata “gratis” pun seolah olah memiliki nilai magis dengan kekuatan yang powerfull calon konsumen untuk membeli walaupun diberi embel embel syarat dan ketentuan.
  • Kata : New
Kata “new” mampu memberikan kesan yang sangat atraktif dan sangat efektif untuk memperkuat rasa penasaran orang terhadap barang yang ditawarkan. Melalui kata “new” inilah ekspektasi calon pelanggan akan sangat tinggi dan mampu mempengaruhi calon konsumen untuk dapat memiliki produk yang ditawarkan.
  • Kata : Aman
Tidak ada kata sederhana dan simple untuk memberikan kesan yang sangat nyaman bagi konsumen selain kata “aman”. Tapi sebelum anda menggunakan kata tersebut, anda pastikan terlebih dahulu kalau produk yang ditawarkan memang aman untuk digunakan dan dikonsumsi. Jika perlu anda cantumkan legalitas keamanan dari departemen terkait.
  • Kata : Garansi
Tidak sedikit calon konsumen yang ragu terhadap produk baru yang dipromosikan, dan kata “garansi” adalah kata yang dapat mengobati keraguan tersebut. Kata “garansi” ini mampu menghilangkan keraguan konsumen namun anda harus tetap menyesuaikan garansi tersebut dengan kualitas produk yang anda promosikan.
Kata kata tersebut dapat digunakan untuk branding bahkan menjadi tips pemasaran toko online yang sangat efektif untuk menarik pelanggan agar dapat mempercayai sepenuhnya pada produk yang anda tawarkan. Karena kepercayaan adalah modal yang paling utama pada saat anda menjalankan bisnis online. Terlebih lagi ada perbedaan yang cukup transparan antara bisnis online dengan bisnis konvensional. Perbedaan tersebut terutama dari segi transaksi. Perbedaan transaksi toko online dengan konvensional adalah model pembayarannya dengan cara transfer dan waktu pembayarannya yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum produk yang dibeli dimiliki oleh pembeli. Maka dari itu, selain anda memikat konsumen dengan susunan kata yang sangat indah dan menarik, anda juga tetap dituntut untuk melakukan hal lainnya agar promosi yang anda lakukan memberikan kepercayaan yang sangat mendalam. Tips lainnya adalah sebagai berikut :
  • Pemilihan Domain
Tidak semua orang menyadari hal ini karena tidak semua orang pula yang tahu akan hal ini. Padahal domain memiliki arti khusus dan akan sangat berpengaruh pada pembeli yang jeli. Pemilihan domain tersebut adalah domain .co.id dan domain .com. Situs yang memiliki domain .co.id memiliki kredibilitas tinggi dibandingkan dengan .com terutama bagi orang orang yang mengerti. Domain .co.id tidak mudah dibuat karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pada saat pembuatannya jika domain tersebut berbeda dengan nama perusahaan. Hal ini tentunya menjadi salah satu bukti keseriusan pemilik website dibandingkan dengan memilih domain .com yang tentunya lebih mudah.
  • Terima Order COD
COD yang merupakan kepanjangan dari Cash On Delivery adalah hal yang sangat penting karena dapat memupuk kepercayaan pelanggan bahkan calon konsumen. Hal ini juga sebenarnya yang tidak dapat dilakukan oleh para penipu online dan bisnis anda akan terpecaya jika mampu melakukan COD. Jika anda benar benar serius dalam berbisbnis online, kenapa tidak untuk melakukan order COD seandainya memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.
  • Testimonial Bukti Profesional
Salah satu yang menjadi kekuatan dalam berbisnis online untuk dapat dipercaya oleh konsumen adalah testimonial dari pembeli atau bahkan pelanggan. Calon pelanggan bisa meningkatkan kepuasan dengan melihat testimonial yang telah anda kumpulkan dan dicantumkan di website. Testimonial ini bisa berupa tulisan, bisa berupa capture atau scan tulisan, gambar, bahkan hingga video dari pelanggan. Semakin banyak testimonial yang anda kumpulkan maka akan semakin memberikan kekuatan pada bisnis yang anda jalankan.
  • Berikan Apa Yang Ditawarkan
Kunci utama kesuksesan bisnis online ini adalah memberikan sesuatu yang memang ditawarkan sesuai dengan gambar. Jangan pernah memberikan yang tidak sesuai dengan apa yang anda tawarkan karena efeknya adalah kekecewaan pelanggan. Yang lebih parah lagi adalah efek dari kekecewaan tersebut adalah kemunduran hingga pailit untuk bisnis yang anda jalani. Jangan anggap enteng terhadap hal seperti ini karena walaupun anda bisa menyelesaikan setiap kasusnya tapi jika tidak segera anda perbaiki maka perlahan akan mengubur bisnis anda.
  • Verifikasi Website Online
Di internet ada sebuah platform yang berfungsi memilah mana toko online yang kredible dan mana yang tidak. Jika anda ingin membuat kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan yang sangat mendalam, anda dapat mendaftrakan situs toko online anda pada platform tersebut. Paltform tersebut adalah polisionline.com dimana anda bisa melakukan registrasi untuk mendapatkan statusnya kemudian anda pasang badge “verified by polish online” agar calon pelanggan dapat melihatnya.
Jika anda sudah menjalankan tips pemasaran toko onlineseperti pemaparan di atas, kepercayaan konsumen bisa anda kendalikan dan bukan tidak mungkin kalau bisnis anda akan melahirkan sebuah kesuksesan.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply