Teknik Pemasaran Online

Teknik pemasaran onlineterus dicari agar dapat menjadi sebuah teknik yang dapat memberikan hasil maksimal karena dengan teknik baru tersebut akan semakin fresh hasil yang didapatkan bahkan bisa menjadi sebuah teknik yang akan menjadi trend. Layaknya sebuah bisnis, teknik dalam pemasaran pun mengikuti perkembangan jaman sesuai dengan kesukaan dan permintaan pasar. Pasar di Indonesia sangat luas namun hal tersebut dapat dijangkau dengan hanya berdiam manis saja di kamar jika anda melakukan bisnis online. Luas wilayah Nusantara dengan jumlah penduduk yang begitu besar menjadikan pertumbuhan bisnis terutama bisnis online dapat bekerja dengan sangat cepat. Bukan hanya di daerah yang berstatus sebagai kota besar tapi juga masuk hingga ke pelosok kabupaten. Hal seperti ini bukan hanya dilirik oleh perusahaan dalam negeri saja tapi juga hingga ke perusahaan perusaahaan luar negeri. Bahkan perusahaan bisnis online luar negeri kini yang mendominasi bisnis online Indonesia.
Penguasaan perusahaan luar negeri terhadap bisnis online di Indonesia tidak terlepas dari profesionalitasnya perusahaan luar negeri tersebut dalam mengelola bisnis online-nya. Tidak tanggung tanggung berbagai pihak dilibatkan untuk memperlihatkan bahwa mereka profesional dalam bisnis online. Pihak terkait yang mendukung kesuksesannya tersebut antara lain adalah pihak yang mampu melakukan desain web atau web desainer, web master, analisis web, pakar internet marketing, pemasar online dan banyak lagi pihak yang lainnya. Tujuan yang paling utamanya hanya satu yaitu agar ada banyak visitor yang dapat mengunjungi web tersebut hingga akhirnya bisa melahirkan sebuah transaksi dari kunjungannya.
Berdasarkan hal tersebut maka lahirlah website website besar dimana didalamnya melakuakn jual beli dan menjadi media periklanan. Bahkan harga untuk website besar yang sudah fenomenal bisa mencapai angka yang sangat fantastik. Anda mungkin pernah mendengar toko bagus yang sudah menjadi olx, rumah123.com, rumah.com, ada zalora, lazanda, rakuten, kaskus, bli bli ada juga bhineka, ada versacom, buka lapak dan masih banyak lagi yang lainnya. Website tersebut merupakan website lokal dan internasional yang sudah memiliki nama besar dan tidak asing lagi di telinga banyak orang. Ini adalah sebuah bukti nyata kalau pemasan online merupakan salah satu yang sangat menjanjikan saat ini terutama pada saat anda melakukan bisnis online. Jangkauan yang sangat luas mampu menjadikan sebuah situs memiliki penghasilan dalam jumlah besar dengan jangka waktu yang sangat cepat secara signifikan. Maka dari itu, lakukanlah pemasaran online yang tepat agar website yang anda miliki bisa berkembang dengan sangat hebat.
Agar pemasaran online dapat bekerja maksimal hingga akhirnya memberikan timbal balik yang sangat luar biasa, anda perlu menerapkan teknik pemasaran online yang tepat. Terapkan teknik pemasaran untuk bisnis online anda yang memang paling baru, lebih fresh, sedang trend dan konsep yang sistematis. Adapun beberapa teknik yang sangat jitu tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Content Marketing Yang Relevan
Semua orang sudah tahu bahwa tujuan utama user menggunakan internet adalah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Maka dari itu, langkah terbaik untuk dapat memenuhi hal tersebut adalah membuat informasi yang dicari oleh user atau pengunjung internet. Penyajian informasi tersebut berupa pembuatan content yang sangat menarik berupa konten marketing yang sangat relevan. Suguhkan berbagai macam informasi yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Content tersebut bisa berupa artikel, bisa berupa hasil penelitian atau riset, bisa berupa gambar, bisa video dan lain sebagainya. Yang pasti isi dari content tersebut harus harus sesuai dengan apa yang anda tawarkan. Jika website anda menjual produk yang berhubungan dengan kecantikan, tips tips yang berhubungan dengan kecantikan adalah content yang sangat tepat. Begitu pula untuk bisnis produk yang lainnya.
  • Mobile Marketing Yang Penting
Ini adalah teknik pemasaran yang kini sedang trend dan merupakan teknik yang paling baru dibandingkan teknik pemasaran yang lainnya. Mobile marketing ini merupakan salah salah satu strategi pemasaran yang langsung membidik target potensial dan selalu memanfaatkan media internet menggunakan gadget simple. Sebut saja smartphone, ipad, iphone dan juga tablet. Memang untuk desain websitenya sendiri perlu desain yang khusus agar dengan mudah diakses menggunakan mobile. Tapi jika anda berhasil melakukan hal tersebut, keuntungan akan menjadi milik anda. Mobile marketing ini sangat penting dan akan memerikan efek yang sangat signifikan karena pengguna internet yang menggunakan mobile saat ini jumlahnya mencapai 40% dari keseluruhan penduduk dunia.
  • Continuous Marketing Yang Bagus
Selanjutnya anda dapat menerapkan teknik continuous marketing yang mampu mengikat pelanggan untuk selalu membutuhkan produk yang anda tawarkan. Media yang tepat untuk menerapkan continuous marketing ini adalah media sosial yang paling terkenal saat ini seperti Facebook, Twitter ada juga Instagram dan Path. Analisa data yang anda buat dari mulai demografi, kemudian feedback konsumen, pendapat konsumen dan berbagai hal lainnya untuk kelancaran bisnis anda secara bekelanjutan.
  • Integrated Digital Marketing Yang Efektif
Teknik yang satu ini adalah bagian dari strategi pemasaran yang memanfaatkan penyatuan berbagai komponen. Komponen komponen tersebut berupa komponen sumber daya digital apapun yang bisa dimanfaatkan. Dengan integrated digital marketing ini menjadikan pemasaran dapat dilakukan dengan sangat efektif dan berkualitas. Berbagai hal yang berhubungan dengan pemasaran online harus dikolaborasikan untuk mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal. Kolaborasi tersebut antara lain adalah sinergisitas antara blog, branding, sosial media, forum dan lain sebagainya. Yang pasti kolaborasi ini harus berjalan secara real time agar konsumen yang variatif bisa semuanya terikat.
  • Visual Marketing Yang Kreatif
Satu gambar mewakili 1000 kata, pepatah tersebut adalah pepatah yang sangat familiar dalam pemasaran online. Melalui visual marketing ini mampu menciptakan objek visual untuk menerangkan produk yang ditawarkan. Semakin trend-nya visual marketing untuk diterapkan pada pemasaran online saat ini tidak terlepas dari kemudahan fasilitas untuk melakukannya. Sebut saja situs sharing youtube, instagram, pinterest, vine dan yang lainnya menjadi fasilitas murah untuk pemasaran menggunakan objek visual. Lebih kreatif dalam membuat gambar visual akan memberikan pengaruh pada pemasaran yang anda lakukan.
  • Personalized Marketing Yang Inten
Disebut juga dengan istilah one to one dimana setiap personal merupakan unik sehingga perlu adanya pendekatan yang lebih intensif. Pendekatan intensif ini dilakukan agar dapat menggenggam konsumen secara individual yang menjadikannya mudah untuk dikendalikan. Perbedaan individual ini bisa berdasarkan lokasi, berdasarkan minat, hobi, berdasarkan umur, gender dan lain sebagainya. Dengan personalized marketing ini menjadikan internet marketing lebih tertarget. Tapi tidak ada tool atau software khusus untuk melakukan personalized marketing ini sehingga penjual harus melakukannya sendiri secara manual.
Jika anda ingin bisnis yang anda geluti melambung sangat tinggi, penerapan teknik pemasaran online yang sedang trend dan sangat fresh seperti di atas wajib untuk dilakukan.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply