Strategi Pemasaran Online

Strategi pemasaran online bisa anda jalankan sendiri tanpa harus mengeluarkan modal biaya sama sekali walaupun memang jika anda memanfaatkan penyedia jasa pemasaran online akan lebih efektif dan tidak membuat anda pusing melakukannya sendiri. Pada saat anda memiliki sebuah website untuk berbisnis online baik itu untuk menawarkan barang, menawarkan jasa atau kombinasi dari keduanya, tentu anda tidak hanya membuat website kemudian anda diamkan begitu saja. Ada strategi tertentu agar website anda populer di mata pengunjung internet. Sedangkan untuk mempopulerkannya tentu harus dengan menggunakan strategi khusus berupa modifikasi website secara online. Kasarnya anda diharuskan website bisnis anda berada pada posisi strategis berupa halaman utama mesin pencarian jika bisnis anda ingin laris manis. Tapi untuk mendapatkan hal tersebut tentunya anda tidak bisa hanya berduduk manis saja tapi harus ada usaha agar posisi tersebut diraih oleh website bisnis anda.
    Walupun pemasaran online ini dilakukan hanya melalui internet tapi untuk yang dipasarkannya sendiri tidak selalu yang bersifat online karena sebagian besar justru yang tersedia secara konvensional. Sebut saja produk barang, yang tentunya hanya bisa didapatkan secara fisik. Sedangkan yang tidak bersifat fisik yaitu benda digital yang berbentuk file. Tapi ada juga bisnis yang tidak untuk keduanya berupa komunitas bisnis yang memanfaatkan internet sebagai media untuk mendapatkan uang tapi bukan dalam bentuk penjualan seperti PPC atau Pay Per Clik, bisnis MLM atau Multi Level Marketing dan lain sebagainya. Untuk kegiatan pemasarannya sendiri tentunya memiliki banyak strategi dan semuanya tidak baku karena setiap ahli pemasaran online memiliki teknik masing masing baik itu yang diadopsi ataupun yang ditemukan sendiri sesuai dengan teknik pemasaran online yang sedang trendi.
    Terlepas dari strategi pemasaran online yang dilakukan, pemasaran dalam bentuk seperti ini memiliki manfaat yang sangat besar. Bahkan jangkauan pasarnya pun bukan hanya lokal saja tapi hingga jangkauan mancanegara dan internasional. Tidak hanya luasnya jangkauan pasar yang dapat dimanfaatkan, waktu yang digunakan dalam melakukan pemasaran online ini pun tidak ada hentinya, tidak kenal jam kerja alias bekerja selama 24 jam dalam sehari. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi siapapun yang menggeluti bisnis online karena bisa melakukan pemasaran tiada henti setiap hari. Selain itu, pemasaran ini pun tidak membutuhkan toko secara fisik ataupun outlet konvensional untuk memajang produk yang dijual karena yang dibutuhkan hanya sebuah situs yang lokasinya berada pada internet. Tidak perlu lagi brosur, tidak perlu lagi spanduk, tidak perlu lagi salesman dan lain sebagainya untuk memperkenalkan dan memasarkan produk bisnis anda sehingga biaya tersebut bisa dipangkas dan dapat digunakan untuk modal. 
    Kenyamanan tersebut akan bertambah jika anda dapat melakukan pemasaran ini secara gratis. Ya, gratis alias tanpa memanfaatkan biaya sama sekali asalkan anda lakukan sendiri. Tidak perlu takut anda sulit dalam menjalankannya karena berikut ini akan dijelaskan bagaimana menjalankan strategi pemasaran bisnis online yang nyaris tanpa biaya sama sekali.

Teknik Pemasaran Search Engine Optimization

  • Yang pertama, anda perlu mempelajari HTML untuk dipakai dalam membangun sebuah website. Tidak sulit untuk memahami hal ini karena anda dapat mencari informasi dan code dari HTML ini secara online untuk SEO onpage sebuah website. Ada juga javascript, namun hal ini tidak disarankan namun boleh anda pelajari karena mesin pencari tidak membaca javascript.
  • Website bisnis anda yang sudah jadi harus diposting dengan konten yang memiliki kualitas bagus, informatif, bermanfaat dan ditulis dengan susunan kalimat yang menarik dan terkonsep. Jika anda membuat konten baik itu di dalam website anda ataupun pada situs lain yang mengarahkan link ke website anda, buatlah yang memang berkualitas agar traffic yang dihasilkan sangat bagus.
  • Kedua strategi di atas bisa anda sempurnakan dengan melakukan blog walking dengan cara mencari situs yang memiliki kesamaan niche dengan situs anda. Disana anda dapat berkomentar dan meninggalkan link jejak agar pembaca yang lain dapat mengunjungi situs bisnis online anda. Cara ini sangat efektif karena selain anda akan mendapatkan link, anda juga akan mendapatkan calon potensial yang akan membeli produk yang anda tawarkan.
  • Ketiga cara di atas tidak berbayar, hasilnya pun tidak tanggung tanggung luar biasa bahkan melebihi yang berbayar. Tapi sangat disarankan agar anda selalu melakukan update untuk informasi terbaru bisnis yang anda kelola. Update ini bisa berupa update blogwalking, bisa juga berupa update konten, update produk, update promosi dan lain sebagainya.

Teknik Pemasaran Melibatkan Pihak Lain

  • Selain anda melakukan sendiri, anda juga dapat memasarkan bisnis online anda dengan strategi yang melibatkan pihak lain. Dalam hal ini anda dapat memanfaatkan pelanggan, memanfaatkan pihak lain yang memiliki hubungan. Bahkan jika perlu anda bisa membagikan hadiah sebagai bentuk penarik minat pelanggan pada situs anda. Memang cara ini akan membutuhkan biaya tapi anda dapat memperhitungkannya dengan bisnis yang anda jalani.
  • Selain membagikan hadiah untuk menarik pelanggan berkunjung ke website anda, anda pun bisa mengadakan kontes untuk menarik perhatian calon pelanggan dan dalam rangka meningkatikan traffic serta visbilitas website bisnis yang anda jalani. Lagi lagi ini juga masih membutuhkan biaya namun cara ini mampu memberikan kepastian kalau traffic ke website anda akan sangat tinggi.
  • Anda juga dapat memanfaatkan media sosial yang ada dengan sangat maksimal dari mulai FB, kemudian Google+, ada Twitter, IG, ada juga Lindekln dan lain sebagainya. Disamping untuk melakukan pemasaran yang langsung bisa berhubungan kepada pelanggan, media sosial seperti ini mampu menarik pelanggan potensial karena media sosial dikelola oleh individual yang hidup dan memiliki pemikiran serta kebutuhan. Tapi anda harus lebih responsif melayani calon konsumen dari media sosial ini karena tidak hanya anda yang memanfaatkan teknik ini ada banyak pembisnis online lainnya yang juga memanfaatkan teknik yang sama untuk produk yang sama.
  • Yang terakhir adalah memberikan apresiasi kepada pelanggan yang loyal pada produk anda dengan memberikan fasilitas kepada mereka untuk memberikan testimonial. Testimonial ini memberikan penhrauh cukup besar terutama untuk orang orang disekitar pelanggan tersebut hingga siapapun yang membacanya. Anda dapat membuat testimonial ini dalam bentuk tulisan langsung, capture pembicaraan hingga testimonial video.
Strategi pemasaran online tersebut bisa anda jalankan sekarang juga dan anda dapat melakukannya secara bertahap. Jika anda belum memiliki modal untuk memasarkan bnisnis anda dengan biaya, anda dapat menjalankan strategi pemasaran untuk bisnis online ini yang gratis saja. Asalkan anda ulet serta sabar dalam menjalankanya, maka akhirnya anda akan mendapatkan yang terbaik untuk bisnis anda.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply