Riset Pemasaran Online

Layanan Jasa SEO

Riset pemasaran onlineakan memiliki potensi pemasaran sukses jika didasarkan pada kata kunci atau keyword yang ingin dibidik sesuai dengan produk yang ditawarkan. Pada dasarnya riset pemasaran online ataupun offline sama saja yaitu memiliki tujuan membidik pasar sebagai calon pembeli untuk produk yang ditawarkan. Namun ada perbedaan dari segi risetnya karena perbedaan media sebagai objek yang dijadikan tempat berjualan. Pada pasar offline atau konvensional, riset ini memakai strategi dengan menganalisa lapangan yang tentunya tidak memiliki angka yang realistis jika tidak dilakukan wawancara langsung pada pasar. Tapi jika di pasar online, riset ini bisa didapatkan angka yang akurat karena penggunaan beberapa tool untuk membantu riset tersebut. Tapi pada intinya riset untuk sebuah bisnis baik itu online ataupun offline merupakan hal yang sangat penting. Bahkan akan lebih penting dibandingkan produk yang dipasarkannya sendiri. 
 
Riset pemasaran yang dilakukan secara online atau lebih dikenal dalam istilah bisnis online adalah riset marketing, harus dilakukan langkah langkah sebagai media pijakan atau kerangka dari marketing tersebut. Jika sudah punya kerangka untuk dilakukan pada saat akan melakukan pemasaran, bukan hal yang tidak mungkin jika penjualan yang terjadi sesuai dengan harapan. Bahkan bukan hal yang tidak mungkin juga kalau pemasaran tersebut bisa melebihi apa yang menjadi ekspektasi dari marketer-nya. Yang sangat penting pada riset pemasaran yang dilakukan secara online adalah riset kata kunci atau keyword. Jika anda yang sudah menjalankan bisnis online sejak lama, istilah keyword ini pasti sudah tidak asing lagi. Tapi jika anda yang masih pemula atau bahkan tidak familiar dengan istilah keyword tersebut pasti perlu browsing untuk mencari artinya. Sebagai gambaran saja, keyword atau kata kunci adalah suatu susunan suku kata yang diketikan pada mesin pencarian untuk mendapatkan informasi atau apapun dari internet. Keyword itu sendiri bisa terdiri dari satu suku kata atau dikenal dengan shor tail keyword, dan juga terdiri dari beberapa suku kata atau dikenal dengan long tile keyword.
Setelah mengetahui arti dari kata kunci atau keyword, langkah selanjutnya sebagai acuan riset pemasaran online, kita harus mengetahui apa yang dimasud dengan riset pasar yang menjadi pembahasan utama artikel ini. Jika disederhanakan, riset pasar yang dilakukan secara online ini didasarkan pada dua pertanyaan yang paling utama yaitu :

  • Produk yang dijual ada yang mencari tidak di internet ?
  • Jika memang ada yang mencari, siapa yang mencarinya dan berapa jumlahnya ?

Intinya adalah riset pasar yang dilakukan secara online ini untuk mencari tahu seberapa besar potensi keuntungan yang akan didapatkan jika produk yang ditawarkan dipasarkan secara online. Akurasinya jelas akan sangat detail dan akan sangat menentukan seberapa potensial bisnis anda jika dilakukan secara online. Karena siapapun juga pasti pada saat terjun ke dunia bisnis menginginkan bisnis berjalan lancar dan sukses sehingga mengembalikannya bukan sekedar modal saja tapi juga keuntungan.
Pertanyaan berikutnya yang pasti muncul dipikiran orang yang sedang mendalami bisnis online khususnya yang serius menjalankan tahap demi tahap langkah pemasaran adalah siapa saja yang harus melakukan riset pasar ini ? Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah tergantung dari perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang besar dan memiliki konsultan yang khusus melakukan riset pasar, nah konsultan inilah yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan riset pasar. Bahkan perusahaan akan sangat bergantung pada konsultan riset ini. Namun jika perusahaan yang anda jalani merupakan perusahaan dengan skala kecil atau bahkan perusahaan rumahan yang pegawainya merangkap sekaligus sebagai owner dan menangani semuanya, riset pasar tetap harus dilakukan. Yang melakukan riset pasar tersebut adalah pengelola bisnis itu sendiri. Jika riset pasar ini tidak dapat dilakukan sendiri maka harus dilakukan penyewaan jasa riset. Untuk bisnis online, kini penyedia jasa riset pasar untuk bisnis online sudah sangat banyak bahkan sebagian besar merupakan penyedia jasa yang kredible. Anda dapat memanfaatkan jasa tersebut untuk kesuksesan bisnis yang anda jalani. Jadi intinya riset pasar ini tidak hanya dilakukan oleh perusahaan berskala besar saja, tidak hanya dilakukan oleh perusahaan yang sudah maju saja tapi juga perusahaan kecil ataupun baru meniti karir pun tetap harus melakukannya.
Jika kita analisa dari segi kepentingannya, riset pasar ini adalah hal yang paling utama dan merupakan kewajiban yang harus dijalani jika bisnis ingin lebih maju dan sukses. Alasannya sangat sederhana, pertama jika bisnis yang anda jalani tersebut ternyata mengalami keuntungan, maka keuntungan tersebut bisa lebih dimaksimalkan. Ini tentunya menjadi tujuan utama para pelaku bisni jika bisnisnya ingin berkembang lebih pesat. Alasan yang kedua kenapa riset pasar ini sangat penting bahkan wajib adalah jika bisnis yang anda jalani mengalami kerugian maka kerugian tersebut resikonya bisa lebih diminimalisir. Dengan kata lain bahwa jika sebuah bisnis dilakukan riset pasar terlebih dahulu maka segala sesuatu yang bentuknya adalah kerugian bisa lebih dihindari.
Berhubung yang dibahas dalam tema kali ini adalah pemasaran online, maka tempat yang diriset adalah media internet. Namun di internet ini ada banyak kategori tempat dan anda harus tepat memilh tempat yang tepat untuk riset pasar tersebut. Sebagai gambaran, di internet anda dapat memanfaatkan beberapa tempat berikut :

  • Media Sosial
Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai tempat riset untuk bisnis yang anda jalani karena media sosial adalah salah satu tempat paling ppopuler dan merupakan tempat berlalu lalang orang di media online. Media sosial yang sering digunakan oleh banyak orang adalah Facebook, Twitter, Path, Instagram, Youtube dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Forum Dan Online Marketplace
Selain media sosial, anda juga bisa memanfaatkan tempat potensial lainnya di internet untuk melakukan riset pasar seperti forum dan marketplace. Forum yang kredible diantaranya adalah OLX yang dulunya toko bagus, tokopedia, ada kaskus, ada blibli, buka lapak dan masih banyak lagi forum yang lainnya.

  • Search Engine
Yang ketiga ini adalah tempat riset pasar yang paling tepat yaitu search engine atau mesin pencari. Di search engine ini anda bisa melakukan riset pasar. Bahkan tempat ini sangat potensial sehingga anda bisa memaksimlkan search engine untuk melakukan riset pasar. Search engine yang paling banyak berlalu lalang orang potensial untuk membeli sebuah barang ataupun mencari informasi adalah Google, Yahoo, ada juga Bing dan lain lain.

Apapun yang dilakukan dalam riset pemasaran online, yang paling utama adalah memilih kata kunci dan anda harus melakukan update kata kunci tersebut karena bagaimanapun juga kebutuhan pasar akan berubah seiring dengan trend yang sedang terjadi. Maka dari itu lakukanlah riset keyword, kemudian lakukan riset trend dan lakukan juga riset competitor untuk kesempurnaan riset pasar yang anda lakukan. Jika anda sulit untuk melakukan riset pasar untuk mendapatkan data pasti, anda dapat memanfaatkan jasa riset pasar yang kini banyak ditawarkan secara online.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply