Resiko Pemasaran Online

Resiko pemasaran onlineakan dihadapi oleh setiap pelaku bisnis online atau internet marketer dan itu sudah menjadi resiko bisnis yang akan dihadapai bersama. Perkembangan bisnis online yang sangat pesat dan fenomenal saat ini pengaruh dari perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat modern yang lebih suka yang simple namun bisa memenuhi segala keinginannya. Namun hal tersebut terkadang disalahgunakan oleh para peretas dengan mengambil keuntungan namun merugikan orang lain. Internet ini menjadi lahan subur bagi mereka yang tidak bertanggung jawab tersebut, apalagi dengan jumlah pengguna internet saat ini yang hampir 40% dari semua penduduk di muka bumi ini. Jumlah tersebut dipastikan akan terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Jumlah tersebut menjadi peluang yang sangat besar untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Karena semakin banyak jumlah manusia yang mempergunakan internet maka akan semakin relevan untuk dimanfaatkan.
Selain menjadi peluang, jumlah pengguna internet yang sangat banyak tersebut menjadi tantangan tersendiri baik itu tantangan yang berasal dari kompetitor, permasalahan internal ataupun pihak lainnya yang tidak ada hubungan dengan bisnis yang anda tangani. Sebuah fenomena yang patut menjadi sorotan adalah ketelitian dalam melakukan digital marketing agar apa yang anda lakukan tidak menjadi bumerang untuk anda dan klien anda. Selain hal tersebut, yang harus anda perhatikan pada saat melakukan bisnis online adalah pemasaran atau marketing yang kemudian dikenal dengan digital marketing. Digital marketing tersebut dapat didefinisikan dengan penggunaan teknologi digital yang memiliki keterkaitan untuk mencapai tujuan utama dari digital marketing. Kini digital marketing menjadi trend dari sebuah bisnis online karena memiliki cakupan yang cukup luas bahkan seluruh dunia, akses yang cukup mudah, biaya yang cukup murah bahkan hingga yang gartis.
Dengan pemasaran yang berbasis digital atau berbasis online tersebut diharapkan dapat membantu semua internet marketer untuk melakukan ekspansi pasar, dapat mempermudah proses transaksi, memberikan informasi profil, status dan kondisi perusahaan. Jika hal tersebut dapat dirasakan oleh salah satu pelaku pemasaran online, maka yang lainnya pun pasti akan merasakan. Apalagi dengan jumlah pengguna internet yang semakin tinggi maka akan semakin tinggi pula kompetisi yang terjadi. Tapi tidak semua keunggulan tersebut dapat dirasakan karena semua bisnis tentu tidak akan selalu berjalan dengan mulus. Hal ini tentu sangat disadari walaupun kehadirannya tanpa sadar. Dengan demikian, anda harus dapat menyiasati, jika perlu anda lakukan penghindaran agar lepas dari tantangan tersebut yang menjadi resiko pada saat anda melakukan bisnis dan pemasaran online.
Adapun resiko pemasaran online yang berimbas pada bisnis online dan menjadi tantangan para internet marketer terutama yang berhubugan langsung dengan praktik lapangan adalah :
  • Bersedia 24 Jam
Karena waktu dalam bisnis online ini tidak terbatas, maka pelanggan, konsumen dan calon konsumen bisa melakukan kontak dengan anda kapanpun. Bahkan pada saat anda sedang tidak on pun klien bisa menghubungi anda. Ini mungkin akan sangat mengganggu terutama mengganggu waktu istirahat anda. Solusinya adalah cantumkan jam kerja pada situs penjualan anda. Dengan demikian, pelanggan akan menghubungi anda sesuai dengan jadwal yang anda pada situs penjualan.
  • Pelanggan Yang Rewel
Pelayanan yang cepat, ramah dan fast respon menjadi hal yang penting pada saat anda melakukan bisnis online. Karena dengan hal tersebut profesionalitas dan tanggung jawab anda sebagai pelaku bisnis online akan lebih dipercaya. Apalagi di bisnis online untuk barang yang ditawarkan tidak dapat dipegang langsung oleh pelanggan sehingga anda sebagai penjual harus benar benar bisa mengambil hati konsumen dengan pelayanan. Tapi walaupun anda sudah melakukan hal tersebut terkadang masih saja ada konsumen yang rewel. Ini menjadi sebuah resiko, dan solusinya adalah anda harus tetap menjawabnya secara profesional dan sabar agar tidak menjadi sebuah perdebatan yang akan berpengaruh pada konsumen lain dan bisnis anda ke depannya.
  • Pelanggan Yang Terabaikan
Walaupun dalam berbisnis online anda tidak dituntut untuk mempekerjakan orang lain karena semuanya dapat dilakukan sendiri, tapi anda akan bekerjasama dan berhubungan dengan pihak lain. Terkadang ada kendala pada saat bisnis anda sudah beroperasi. Salah satu yang akan menjadi hambatan dan berimbas pada kekecewaan pelanggan adalah pelanggan yang terabaikan. Terabaikannya ini biasanya diakrenakan ada pihak yang bukan menjadi ranah anda tapi anda harus bertanggung jawab atas hal tersebut. Contoh umum adalah masalah pengiriman barang, jawaban yang terlambat dan lain lain. Solusinya adalah anda harus tetap memiliki pekerja yang profesional dalam bidang tersebut atau anda harus bekerjasama dengan pihak lain yang telah anda percaya dengan kredibilitas dan rekomendasi dari pihak yang recomended.
Semua bisnis bukan tanpa resiko, semuanya pasti akan ada resikonya bahkan bagi pelaku bisnis sekalipun pasti bisnis yang telah dijalaninya melewati banyak kendala. Hal tersebut terjadi terlepas dari keunggulan keunggulan dari bisnis online. Namun selain kendala yang mungkin akan dihadapi dari pihak luar, anda pun akan menghadapi kendala internal pada saat melakukan pemasaran online ini. Kendala internal pada saat anda melakukan bisnis dan pemasaran online adalah yang berhubungan dengan platform serta peranannya. Kendala tersebut dikenal juga dengan cyber security risk. Definisi dari cyber security risk ini adalah berbagai resiko yang penyebabnya adalah inefektivitas dari berbagai keamanan yang bersifat digital. Kemungkinan yang terjadi adalah sistem informasi dan sistem digital secara keseluruhan bisa dibajak atau diretas atau dikenal juga dengan di-hack oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
Efek yang terjadi jika cyber security risk ini menimpa adalah pencurian berbagai aset yang sangat penting dari sebuah perusahaan. Aset penting tersebut antara lain adalah intelektual property, pencurian pelanggan, transaksi keuangan, data dan lain sebagainya. Hal ini menjadi masalah bersama bahkan tidak dapat dihentikan karena cyber security risk ini terus mengalami perkembangan, berevolusi, dan lebih cepat dibandingkan upaya untuk menghindarinya. Ini jelas menjadi masalah besar untuk bisnis dan pemasaran online dan harus segera dihadapi serius karena bersifat intangible dengan dampak yang sangat besar bagi perusahaan dan berbagai bisnis online.
Uraian tersebut di atas adalah resiko pemasaran yang dilakukan secara online. Namun ada resiko pemasaran online lainnya yang tidak kalah harus mendapatkan perhatian khusus seperti :
  • Resiko Gagal Pemasaran
Jika anda tidak efektif dalam melakukan pemasaran online, kegagalan pemasaran bukanlah hal yang tidak mungkin. Ini jelas akan sangat merugikan tapi hal ini akan terjadi jika anda tidak efektif melakukan pemasaran online. Kegagalan tersebut terjadi karena kesalahan konten, informasi yang tidak jelas, kepercayaan konsumen yang kecil dan lain sebagainya.
  • Resiko Terjadi Penipuan
Yang marak terjadi di internet bahkan di belahan dunia manapun adalah penipuan digital. Kerugian jelas sekali bahkan bukan hanya dapat dirasakan oleh marketer dan owner tapi juga oleh pelanggan. Penipuan ini jelas menjadi di luar konteks bisnis anda namun akan memberikan efek yang sangat besar jika anda tidak melakukan upaya untuk menghindarinya terutama yang akan berimbas pada reputasi bisnis anda.
Apapun konsep pemasaran yang dilakukan untuk bisnis online, resiko pemasaran online pasti akan ada. Yang harus anda lakukan adalah harus jeli memahami apa yang terjadi dan apa yang harus dilakukan.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply