Rencana Pemasaran Online

Rencana pemasaran onlineharus dibuat sedemikian rupa dengan strategi yang inovatif berupa pembuatan konten menarik agar pembaca antusias dengan apa yang ditemukannya. Perencanaan dalam sebuah bisnis sangat penting karena dengan sebuah rencana akan menjadikan langkah yang dilakukan lebih terarah. Dengan sebuah rencana yang matang dalam sebuah bisnis khususnya dalam pemasaran, secara tidak langsung telah dilakukan sebuah upaya untuk menghindari atau penanganan kegagalan yang lebih cepat. Hal ini pula yang yang harus diimplementasikan pada saat akan memulai sebuah pemasaran untuk berbagai macam produk dalam bisnis menggunakan media online. Jika sebuah perencanaan dibuat dengan sangat matang, baik dan terorganize, maka pencapaian target bisnis akan lebih cepat tercapai. Hal ini merupakan hal yang diinginkan oleh setiap pelaku bisnis.
Namun sebelum membahas pada hal yang sangat mendetail dari rencana pemasaran khususnya pemasaran online, harus tahu dulu yang paling mendasar untuk memulai bisnis online itu sendiri. Karena dalam sebuah perencanaan bisnis online ini harus ada strategi khusus, harus memiliki tools, kemampuan atau skills dan lain sebagainya. Maka dari itu, anda harus mengetahui dulu target market bisnis anda, anda harus mengetahui siapa saja kompetitor anda, apa yang dilakukannya dan anda harus mengetahui apa kelebihan atau nilai tambah dari bisnis anda. Anda harus memahami detail demi detail yang sifatnya fundamental dalam bisnis online ini. Dengan memahami akan hal yang sangat mendetail maka akan semakin mudah untuk melakukan perancangan masterplan dari bisnis yang akan dijalankan. Hal tersebut termasuk didalamnya menyususn strategi untuk pemasaran online-nya. Khusus untuk terget bisnis, anda harus paham siapa dan dimana target bisnis anda. Setelah itu anda harus tahu tingkat kompetisinya untuk bisnis tersebut, apakah perlu dilakukan edukasi, sentuhan inovasi strategi dan lain lain agar dapat mempermudah anda untuk meneliti perencanaan yang dibuat. Hasil penelitian tersebut jika perlu ditambahkan pada rencana maka tambahkan saja bahkan jika penambahan tersebut berhubungan dengan produk, anda dapat menambahkannya pada produk yang anda miliki.
Untuk menambahkan hasil penelitian tersebut pada rencana pemasaran online, anda harus memiliki acuan yang mampu menjadikan sebuah strategi sukses dan bisa berhasil sesuai dengan rencana. Apapun penambahan tersebut anda harus membuat pasar tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan, anda juga harus tahu alasan kenapa orang tidak membelinya. Tidak hanya itu, anda juga harus membuat orang yang membeli sekali kemudian berlanjut menjadi pelanggan. Itu artinya pembeli ini harus membeli lagi, lagi dan lagi dalam jangka panjang jika perlu selamanya. Intinya adalah semua yang diinginkan oleh pelanggan ataupun penjual memiliki nilai berupa value yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Pada dasarnya pelanggan bukan hanya memanfaatkan produk yang ditawarkan saja tapi juga produk yang mereka beli harus menjadi solusi sehingga kebutuhannya akan dapat terpenuhi oleh produk yang anda tawarkan tersebut. Sebagai pelaku bisnis, hal tersebut harus disadari karena merupakan sesuatu yang sangat wajar. Dengan menyadari akan hal ini akan sangat membatu dalam menawarkan produk kepada calon pembeli khsusnya pembeli potensial yang dibidik. Untuk melakukannya perlu adanya sentuhan strategi yang inovatif.
Yang terpenting dan mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi anda khususnya pada saat membuat perencanaan strategi bisnis online adalah membuat konten yang menarik. Konten menarik tersebut berupa artikel yang berhubungan dengan bisnis anda. Bahkan anda dapat mengkaitkan isi konten artikel ini dengan informasi seputar bisnis, berhubungan dengan strategi pemasaran online, membuat blog, share informasi di media sosial, di forum dan lain sebagainya. Konten yang menarik sangatlah penting bahkan tidak kurang dari 70% konsumen khususnya konsumen online berasal dari ketertarikannya terhadap konten yang dibuat. Memang sebuah iklan pun akan memiliki kepentingan yang sama namun jika dibandingkan dari segi biaya yang harus dikeluarkan, pembuatan konten akan jauh lebih murah padahal efeknya sangat besar. Apalagi saat ini pemasaran yang didasarkan pada konten akan lebih dipercaya dibandingkan dengan sebuah iklan. Ini pula yang merupakan bagian dari strategi pemasaran yang inovatif namun tetap unik dan bisa dengan mudah mempertahankan eksistensi sebuah bisnis online disaat kompetisi bisnis terjadi dengan sangat kompetitif.
Bahkan konten ini tidak hanya menjadi kebutuhan untuk pemasaran bisnis online saja tapi juga menjadi sebuah transportasi yang sangat baik untuk otoritas bisnis dan branding. Namun yang menjadi masalah adalah ada banyak yang harus dilakukan, terutama dari segi waktu yang dibutuhkan. Karena konten yang disampaikan akan berbeda dengan iklan sehingga akan berefek pada lead dan penjualan. Namun tetap saja konten akan menjadi juaranya sebagai bagian penting untuk diterapkan dalam strategi bisnis pemasaran online. Karena walaupun konten ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan iklan tapi tetap saja pengembangan merek atau penjualan dapat terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama. Namun konten tersebut tentunya bukan konten yang biasa, tapi harus konten yang menarik, berkualitas, memiliki efektifitas dan merupakan konten terbaik untuk mengembangkan bisnis online yang anda jalani. Adapun konten terbaik dan sangat efektif yang termasuk pada konten yang cocok untuk strategi pemasaran yang inovatif adalah sebagai berikut :
  • Konten Harus Memenuhi Kebutuhan
Apapun niche dari konten itu sendiri, konten harus dapat memenuhi keinginan, ekspektasi dan kebutuhan dari pengunjung. Artinya anda harus mengetahui apa yang diinginkan oleh pembaca khususnya visitor website anda. Untuk mendapatkan bocoran kebutuhan visitor terhadap konten, anda bisa memintanya secara langsung pada visitor atau anda bisa menggunakan tools.
  • Konten Harus Bersifat Substantif
Ini penting karena akan berhubungan dengan kualitas dari konten itu sendiri bahkan saat ini mesin pencari khususnya Google akan menampilkan website yang substansial. Konten yang demikian akan cenderung banyak yang membagikan lagi sehingga akan memberikan manfaat besar bagi bisnis yang sedang dijalani.
  • Konten Harus Mampu Menjawab Pertanyaan
Salah satu yang menjadikan visitor bahkan pembeli betah dengan konten yang anda posting karena konten tersebut mampu menjadi solusi, memberikan rekomendasi, bisa menjadi sebuah jawaban untuk pertanyaan yang ada di benak pengunjung. Dengan demikian, website anda akan menjadi sumber berbagai informasi yang dibutuhkan.
  • Konten Harus Sesuai Dengan Mesin Pencari
Bagaimanapun juga mesin pencari adalah penentu website anda akan ditampilan di halaman utama atau tidak. Maka dari itu, konten yang ingin ditampilkan di halaman utama harus memenuhi keinginan mesin pencari. Jika keinginan mesin pencari sudah terpenuhi, bisa dipastikan keinginan pengunjung pun dapat terpenuhi.
Intinya adalah pada rencana pemasaran onlineharus disusun dengan strategi sedemikian rupa terutama untuk pembuatan konten menarik dan inovatif.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply