Pemasaran Online Yang Efektif

Pemasaran online yang efektif wajib dilakukan oleh pelaku bisnis online dalam rangka untuk mempertahankan pelanggan yang telah biasa bertransaksi di situs anda ataupun dalam rangka untuk mendapatkan pelanggan yang baru dari situs tersebut. Untuk mendapatkan pelanggan ataupun untuk mempertahankan pelanggan dalam berbisnis online sebenarnya gampang gampang susah. Gampangnya karena market yang dapat anda mainkan adalah semua wilayah di Nusantara bahkan di dunia yang dapat mengakses internet. Wilayah tersebut tentunya sangat luas dari mulai negara, pulau, kota hingga ke pelosok desa. Hal ini menjadikan bisnis online menjadi target yang sangat subur bagi pelaku bisnis online bukan hanya di Tanah Air saja tapi hingga pelaku bisnis berkelas dunia. Namun untuk melakukan pemasaran online ini tidaklah mudah, perlu strategi khusus dan melibatkan banyak pihak. Yang terlibat dalam pemasaran bisnis online ini antara lain adalah webmaster yang memahami web analytic yang sangat baik, pakar internet marketing yang memahami Search Engine Marketing (SEM) dan lain lain.
    Tapi berapa banyak pun pihak yang terlibat dalam pemasaran online ini tujuannya adalah satu, agar sebuah website yang menjadi arena menawarkan barang atau jasa yang dijual, mendapatkan unique visitor. Tidak tanggung tanggung, unique visitor yang menjadi target pemasaran online adalah sebanyak banyaknya hingga tidak terhitung jumlahnya. Jika sebuah website sudah memiliki banyak unique visitor, yang selanjutnya dilakukan adalah melakukan monitoring agar unique visitor tersebut memberikan keuntungan bagi pemilik website. Cara ini dilakukan bukan hanya untuk pemasaraan website kecil saja, tapi situs berupa portal berskala besar pun berkompetisi merebut unique visitor hingga akhirnya menjelma menjadi portal ternama di Tanah Air. Ada banyak portal jual beli di Tanah Air yang namanya melambung tinggi berkat unique vistor ini. Sebut saja tokobagus.com yang kini berganti nama menjadi olx.com, ada beniaga.com, ada juga lazanda.com, zalora.com, blibli.com, ada bhineka.com hingga kaskus.com. Bahkan portal khusus yang memanfaatkan unique visitor untuk niche tertentu seperti rumah123.com, ada juga rumah.com dan lain lain. Situs situs tersebut menjadi besar namanya berkat unique visitor yang memiliki kepercayaan dan antusiasme unique visitor untuk melakukan transaksi.
    Yang dilakukan oleh situs tersebut tentunya tidak hanya pemasaran online biasa saja tapi merupakan pemasaran online yang efektif hingga akhirnya menjadikan visitor yang mengunjungi situs tersebut berpotensi untuk melakukan pembelian. Sepintas mungkin anda akan beranggapan tidak mungkin pengunjung yang membeli dapat ditentukan oleh teknik pemasaran secara online karena pengakses internet tidak terkendali siapa siapanya. Namun hal tersebut adalah sebuah fakta kalau visitor sebuah website akan melakukan transaksi karena teknik pemasaran yang dilakukan benar benar membidik visitor potensial untuk melakukan transaksi. Tidak dapat dipungkiri, hal ini akan memberikan efek yang sangat signifikan terutama untuk mendapatkan omzet yang sangat besar. Maka dari itu, bagi anda yang belum memulai bisnis online, mulai sekarang lakukan strategi pemasaran secara online yang tepat dan efektif sesuai dengan kategori bisnis dan website anda. Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri, lakukan kerjasama dengan pihak lain yang memahami betul seluk beluk pemasaran online. tidak perlu takut terhadap biaya karena untuk melakukan kerjasama dalam melakukan pemasaran online relatif sangat murah jika dibandingkan dengan income yang nantinya akan anda dapatkan.
    Tapi jika anda merupakan pemain lama dalam bisnis online, strategi pemasaran online yang efektif masih tetap wajib dilakukan. Tapi untuk tekniknya sendiri akan berbeda bahkan objek yang anda jual pun memiliki peranan yang sangat penting dalam strategi tersebut. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan pelanggan sekaligus untuk melakukan rekrutmen pada pelanggan baru. Tapi ada hal yang perlu anda tahu bahwa pemasaran online ini dilakukan dengan 100% menggunakan internet dalam melaksanakan strateginya. Berbagai hal dilakukan dengan sangat sistematis yang menjadikan sesuatu yang tadinya tidak realistis menjadi realistis. Sebagai gambaran agar anda dapat memahami strategi pemasarn secara online yang sangat efektif adalah bisa dijelaskan sebagai berikut :

Bagi pelaku bisnis online, teknik online marketing sangat penting dan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilibatkan dalam menjalankan bisnis. Yang pertama kali dilakukan adalah research terlebih dahulu kemudian maksimalkan produk yang ada dan anda pelajari siapa yang akan menjadi kompetitor anda.

Dari awal anda harus menentukan bahasa apa yang akan anda gunakan karena hal ini akan sangat berpengaruh pada apa yang ingin anda capai. Tapi anda hanya disarankan untuk memilih dua bahasa saja yaitu bahasa lokal yaitu bahasa Indonesia dan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Hal ini akan sesuai dengan target visitor yang akan anda bidik, apakah visitor lokal atau visitor internasional.

Langkah selanjutnya adalah melakukan kerjasama dengan web developer untuk meningkatkan website anda akan terlihat lebih profesional dan memenuhi kaidah sebagai sebuah website yang pantas untuk dijadikan sebagai website bisnis. Di titik langkah ini, anda juga akan melakukan optimasi untuk meningkatkan website anda ke halaman utama. Anda dapat memanfaatkan bantuan ahli SEM atau Search Engine Marketing, memanfaatkan iklan SEO, iklan PPC, memanfaatkan blog walking dan berbagai hal lainnya yang memiliki sense of marketing yang berprinsip pada pemasaran online.

Walaupun anda telah mempercayakan marketing online pada ahlinya, anda tetap saja diharuskan untuk selalu melakukan komunikasi, berdiskusi dan berkonsultasi dengan ahli SEM tersebut agar hasil online marketing terjadi dengan sempurna. Karena selain profesional online marketing yang bertanggung jawab terhadap penempatan website anda dihalaman utama, anda pun tentu harus ikut andil dalam hal ini.

Jika semuanya sudah dilakukan, anda maksimalkan berbagai hal yang berhubungan dengan visitor, calon pelanggan dan pelanggan. Caranya adalah dengan memanfaatkan kontak yang mudah diakses oleh pelanggan dan pilih yang tidak berbayar dalam melakukan komunikasi. Anda dapat memanfaatkan nomor hp, email, messanger, media sosial seperti FB, Twitter bisa juga Path, IG dan lain sebagainya.

Jika strategi pemasaran online yang efektif seperti yang telah disebutkan di atas tadi telah anda jalankan dengan sangat baik maka untuk mendapatkan pelanggan pun akan sangat mudah. Bahkan mempertahankan pelanggan yang biasanya lebih sulit pun bisa terjadi dengan sangat sederhana. Strategi ini bisa diterapkan pada berbagai jenis bisnis baik itu untuk penjualan produk yang langka ataupun penjual barang dan jasa tertentu yang sudah menjadi umum dipasaran. Melakukan strategi dalam memasarkan bnisnis online adalah bagian yang sangat sempurna untuk mendapatkan omzet bisnis yang sangat luar biasa. Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya beberapa persen laba dari bisnis anda karena anda akan mendapatkan timbal balik hingga beberapa kali lipat persen dari bisnis tersebut.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply