Contoh Pemasaran Online

Contoh pemasaran online ada banyak sekali tapi kalo kita lihat dari segi jenis bisnis online modern pemasaran seperti ini harus sesuai dengan trend yang sedang terjadi saat ini. Apalagi sekarang mesin pencari dalam hal ini adalah mesin pencari raksasa seperti Google, kemudian Yahoo hingga Bing selalu melakukan update algoritma yang menjadikan trend optimasi pun harus mengikuti algoritma tersebut. Sedangkan untuk pemilihan teknik dan strategi untuk mengejar algoritma ini yang akan menjadi PR bagi para pelaku pemasaran online. Strategi tersebut tentunya tidak boleh dilakukan asal asalan karena akan berdampak sangat besar bagi website yang sedang dipromosikan. Apalagi populairtas bisnis internet atau bisnis online saat tidak boleh dianggap remeh. Bahkan bisnis yang memanfaatkan dunia digital ini telah menjadi sebuah pasar yang sangat kuat, sangat besar, sangat luas dan sangat populer yang akhirnya memiliki potensi kalau bisnis online ini akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.
    Bisnis online dan berbagai bisnis yang dipasarkan secara online ini tidak terbatas hanya pada bisnis tradisional saja, dimana yang ditawarkan adalah penjualan barang dan sejenisnya yang sudah menjadi hal umum. Tapi bisnis yang dapat dipopulerkan secara online saat ini bisa berupa bisnis lain seperti bisnis afiliasi, penjualan web hosting, pembuatan akun transaksi dan berbagai bisnis yang berbau digital dan modern. Jika yang dipasarkannya saja sudah merupakan benda yang sifatnya modern, tentunya cara melakukan penjualannya pun harus demikian. Hal ini juga yang membentuk kompetisi bisnis melalui media online menjadi sangat ketat dan terpaksa menekan pemasaran yang dilakukan oleh masing masing pelaku bisnis online dengan sangat kuat. Jika anda mampu menjadikan situs bisnis online anda sukses dalam memasarkan produk anda melalui strategi pemasaran, yang akan terjadi bukan hanya potensi bisnis anda akan sukses namun reputasi merek yang anda tawarkan pun akan sangat baik. Bagaimana tidak, pasar yang anda pijak adalah pasar yang sangat luas sehingga merek yang terjual dalam jumlah banyak akan mencuat ke permukaan.
    Jika kita lihat dari sifat bisnisnya, strategi pemasaran yang berkonsentrasi pada bisnis serta pemasaran online ini sangat jelas sekali dengan memanfaatkan teknologi informasi. Strategi pemasaran seperti ini menjadi sebuah tantangan namun hanya dengan cara inilah sebuah pemasaran dapat terjadi sesuai dengan perkembangan teknoogi yang ada. Sebagai pencerahan, berikut adalah contoh pemasaran online yang mempergunakan teknologi informasi untuk menjalankan pemasarannya :
  • Memanfaatkan Website
Untuk jenis usaha apapun, website adalah rumah yang harus dimiliki agar orang tidak bingung kemana jika ingin bertemu dengan pemiliknya. Jenis apapun bisnis anda, selama itu merupakan bisnis online maka website adalah sesuatu yang wajib dimiliki. Mungkin memang ada yang berpikiran bisa dengan memanfaatkan blog gratis, hal ini tidak salah namun dari segi elegansitasnya tentu sangat lemah. Maka dari itu, jika anda merupakan sebuah perusahaan ataupun memiliki sebuah bisnis online, website adalah hal yang wajib dimiliki.  Untuk mengembangkan website itu sendari sebagai media pemasarannya pun usahakan jangan menggunakan website gratisan sebagai platform optimasi agar kredibilitas terhadap website bisnis utama sangat tinggi.
  • Memanfaatkan Direktori Bisnis
Jika anda telah memanfaatkan website untuk memasarkan bisnis anda yang kini sedang update, anda pun dapat memanfaatkan direktori bisnis untuk pemasaran bisnis online yang anda kelola. Anda dapat memanfaatkan direktori bisnis tersebut baik itu yang berskala lokal ataupun berskala internasional. Direktori bisnis dengan skla lokal ataupun internasional ini tetap bisa anda gunakan walaupun bisnis anda merupakan bisnis lokal apalagi jika bisnis anda berskala internasional. Hal ini merupakan strategi yang sangat bagus agar konsumen banyak yang terjaring pada produk anda karena memang konsumen sedang mencari produk yang anda tawarkan. Namun anda jangan pelit terhadap infromasi, anda dapat populerkan bisnis anda dengan cara memasukannya pada daftar direktori-nya. Tidak hanya nama perusahaan saja, informasi yang harus anda masukan ke daftar direkori ini adalah alamat, bidang bisnisnya, logo perusahaannya, jika perlu foto anda, foto gedung perusahaan dan profil lainnya yang mewakili sebuah perusahaan konvensional.
  • Memanfaatkan Video Online
Pencarian populer saat ini selain melalui website adalah melalui video bahkan saat ini pencarian melalui portal video ternama hampir menyamai pencarian untuk website. Pemasaran melalui video merupakan strategi pemasaran yang menjadi favorit banyak kalangan saat ini. Difavoritkannya bukan hanya oleh pelaku bisnis saja tapi juga oleh planggan. Hal ini dikrenakan kalau video lebih jelas dan memberikan informasi yang riil berdasarkan gambar verbal. Dibandingkan informasi tulisan, informasi melalui video tentunya sangat mengasyikan dan informasi yang didapatkan lebih jelas dan sangat mendetail. Apalagi jika anda mengunggah video ini pada platform ternama seperti YouTube. Di YouTube ini, calon konsumen bisa melihat berapa orang yang suka dan berapa banyak orang yang tidak suka. Bahkan calon konsumen bisa melihat komentar yang tentunya akan menjadi dasar keputusan konsumen akan memilih produk anda atau tidak.
  • Memanfaatkan Media Sosial
Tidak jauh berbeda dengan website, media sosial pun bisa menjadi salah satu situs yang dapat menjadikan bisnis anda melambung sangat tinggi. Di media sosial ini juga anda harus membuat profil anda dengan sangat lengkap layaknya informasi profil yang ada pada website resmi bisnis anda. Menggunakan Twitter dan Facebook adalah pilihan yang tepat karena anda bisa melakukan pemasaran lebih personal dan komunikasi dengan konsumen pun bisa dilakukan dengan lebih dekat lagi. Hal ini menjadikan antara penjual dan pembeli tidak memiliki jeda dan akan merasa sangat dekat hingga menghidupkan sebuah kepercayaan pada jalinan bisnis yang sedang dilakukan. Lakukan update dan tanggapi komentar yang memang penting, hal ini dilakukan untuk memperlihatkan keberadaan anda bahwa akun media sosial tersebut bukan hanya hiasan saja tapi ada pengelolanya.

Contoh pemasaran online seperti yang telah dijelaskan di atas bukan hanya menyangkut media apa yang bisa anda gunakan tapi bagaimana anda memanfaatkan media tersebut agar bisa lebih maksimal sehingga tujuan dari pemasaran yang dilakukan secara online dapat tercapai secara maksimal. Tapi jika anda memiliki misi dan visi tertentu dalam menjalankan bisnis secara online ini, anda dapat menyewa jasa konsultan atau online marketing profesional untuk memasarkan bisnis anda. Hal ini dilakukan agar bisnis anda terutama bisnis untuk sebuah perusahaan besar ataupun perusahaan kecil dengan pasar yang besar bisa mencakup konsumen secara meluas. Jangan anggap enteng pemasaran online seperti ini karena bisnis online anda akan terkenal dan sangat besar jika anda melakukan pemasarannya dengan sangat maksimal. Hal ini tentunya akan berefek pada penghasilan berupa omzet dan reputasi berupa kredibilitas tinggi sebuah perusahaan bisnis online.

Source: Artikel Pemasaran

Leave a Reply