Remaja Disabilitas Sumbangkan Medali Emas

JAKARTA (TERBITTOP.COM) — Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H, di sore yang cerah, sekitar sebulan menjelang Hari Olahraga Nasional 9 September, Presiden RI, Joko Widodo didampingi Menko PMK, Menteri Olahraga, Menteri Sosial serta Ketua SOIna Ibu Dr Pujiastuty, Ketua Umum dan Sekjen DNIKS, Ketua PORMI, Deputi Menpora, Dirjen Kemensos dan […]

Remaja Disabilitas Sumbangkan Medali Emas

Haryono di IstanaJAKARTA (TERBITTOP.COM) — Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H, di sore yang cerah, sekitar sebulan menjelang Hari Olahraga Nasional 9 September, Presiden RI, Joko Widodo didampingi Menko PMK, Menteri Olahraga, Menteri Sosial serta Ketua SOIna Ibu Dr Pujiastuty, Ketua Umum dan Sekjen DNIKS, Ketua PORMI, Deputi Menpora, Dirjen Kemensos dan pendamping lain telah melepas atlet disabilitas di Istana Negara Jakarta.

Para atlet remaja itu adalah penyandang disabilitas yang akan berlaga di Olympiade Penyandang Disabilitas Dunia di Los Angeles, Amerika Serikat. Para atlEt itu berpamitan mohon restu berangkat mempertahankan reputasinya yang unggul di tahun-tahun sebelumnya pada berbagai laga Olympiade Dunia.

Dalam pesan singkat Ketua SOIna, Ibu Dr Pujiastuty kepada Ketua Umum DNIKS, Prof Dr Haryono Suyono, mengabarkan bahwa para atlet penyandang disabilitas yang tergabung dalam SOIna dan berlaga dalam Olympiade di Los Angeles, Amerika Serikat, sampai kemarin telah berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 19 medali emas, 12 medali perak dan 5 medali perunggu.

Dari 19 medali emas tersebut, yang menggembirakan adalah Tim Sepakbola SOIna yang terdiri dari putra-putra penyandang disabilitas terbaik dari berbagai daerah di Indonesia, berhasil mengalahkan Tim Sepakbola SO-Malaysia dan meraih medali emas.
Tiga tahun lalu di Athena Yunani, rombongan atlet yang tidak terlalu banyak, telah berhasil membawa pulang ke tanah air kebanggaan yang luar biasa. Tidak kurang dari 15 medali emas, 13 medali perak dan 11 medali perunggu dipersembahkan kepada tanah air dan bangsa Indonesia tercinta.

Besok siang (5/08/2015) dijadwalkan para atlet akan kembali ke tanah air mempersembahkan medali emas itu kepada bangsa Indonesia tercinta dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke 70.

Atlet-atlet penyandang disabilitas yang tidak dapat diremehkan itu ikut menyumbang akan dicanangkannya GAUN, Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional, yang memberi perhatian kepada para penyandang disabilitas dan penduduk lanjut usia.
Sumbangan para disabillitas yang membawa nama baik bangsa dan kebanggaan kepada keluarganya itu patut diacungi jempol dan diberikan apresiasi yang tinggi. Demikian kabar dari DNIKS. (rel)